Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Mengamalkan Shalawat Al Fatih




Pertanyaan :

Assalamualaikum,, sy pernah mendengar tentang shalawat Al Fatih ust, katanya faedah nya luar biasa, mohon ust bisa sebutkan..

Jawaban :

Shalawat merupakan salah satu amaliyah untuk mendekatkan diri kita kepada Allah subhana wata'ala, dengan bershalawat kita akan mendapatkan syafa'at dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam dan berkah bershalawat kita akan dikenali oleh Rasulullah..

Berbicara tentang shalawat, sungguh sangat banyak lafadz lafadz yang tergolong dalam shalawat, tergantung riwayat riwayat dari ulama, namun perlu diketahui kesemuanya itu memiliki kelebihan yang sangat luar biasa.

Salah satunya shalawat Al Fatih, disebutkan bahwa shalawat Al Fatih ini memiliki keistimewaan yang lebih unggul dibandingkan dengan shalawat-shalawat yang lain, untuk rinciannya, kami sertakan dibawah ini:

المرة منها تعدل عشرة الاف ، و قيل : ستمائة

Satu kali membaca Shalawat Al-Fatih sebanding dengan membaca 10.000 shalawat lain. Bahkan menurut pendapat ulama yg lain sebanding dgn 600.000 shalawat.

أن من صلى بها مرة واحدة في عمره لا يدخل النار

Sesungguhnya barangsiapa membaca shalawat fatih sekali dalam umurnya maka dia tdk akan masuk neraka

من داوم عليها أربعين يوماً تاب الله عليه من جميع الذنوب

Barangsiapa mendawamkan membaca shalawat fatih selama 40 hari maka Allah menerima taubatnya dari segala dosa.

من تلاها الف مرة في ليلة الخميس او الجمعة او الاثنين اجتمع بالنبي صلى الله عليه و سلم و تكون التلاوة بعد صلاة اربع ركعات : يقرأ فى الاولى سورة القدر ، و فى الثانية الزلزلة كذلك ، و فى الثالثة الكافرون ، و فى الرابعة المعوذتين

Barangsiapa membaca Shalawat Al-Fatih sebanyak seribu kali pada malam Kamis atau malam Jum’at atau malam Senin, maka akan berkumpul dengan Nabi Muhammad SAW. 

Adapun cara membaca Shalawat Al-Fatih adalah setelah mengerjakan shalat sunnah empat raka’at dengan dua salam.

- Raka’at pertama setelah Surat Al-Fatihah membaca Surat Al-Qadr.

- Raka’at kedua setelah Surat Al-Fatihah membaca Surat Az-Zalzalah.

- Raka’at ketiga setelah Surat Al-Fatihah membaca Surat Al-Kafirun. 

- Dan raka’at keempat setelah Surat Al-Fatihah membaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas.”

Shalawat Fatih:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

(Sumber: Kitab Afdhalus Shalawat Karya Syekh Yusuf bin Ismail An-Nahbani hal 97.)

Post a Comment for "Kelebihan Mengamalkan Shalawat Al Fatih"