Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Niat Puasa Sebulan Penuh


Pertanyaan:

Assalamualaikum ..

Mau nanya, berkenaan tentang niat puasa sebulan penuh, banyak yang masih simpang siur dengan hal ini, ada yg meyakini, bahwa cukup niat sebulan penuh tanpa niat perharinya, yang sebenarnya gmn ust..?

Jawaban:

Wa'alaikumussalam. Terimakasih atas pertanyaannya.

Mengenai hal ini, dalam Mazhab Imam Syafi'i, niat harus selalu ada pada setiap malam, jadi tidak mencukupi niat sebulan penuh. Namun boleh niat sebulan penuh untuk jaga-jaga saja, barang kali kita tidak sempat bangun pada suatu ketika, namun perlu di ingat, baru sah puasa kita dengan niat sebulan penuh adalah dengan cara taqqlid kepada Imam Malik, atau Imam Hanafi..

Berikut dibawah ini redaksinya:

وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ 


“Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadhan untuk niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil memanfaatkan pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila lupa niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadhan.” (Hasyiyah Al-Qulyubi, II/66) 

فلو نوى ليلة اول رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الاول ، لكن ينبغى له ذلك ليحصل له صوم اليوم الذى نسي النية فبه عند مالك كما يسن له ان ينوى اول اليوم الذى نسيها فيه ليحصل له صومه عند ابى حنيفة و واضح ان محله ان قلد و الا كان متلبسا بعبادة فاسدة فى اعتقاده و هو حرام كاشفة السجا ١١٧


Apabila seseorang berniat pada awal malam bulan Ramadhan untuk melakukan puasa keseluruhannya ( 1 bulan full) maka menurut Madzhab Syafii tidak cukup. Kewajiban niat harus dilakukan pada tiap malamnya. Tetapi menurut pendapat madzhab Maliki niat jamak puasa 1 bulan adalah sunah hal ini untuk menjaga puasa yang lupa tidak diniati. Hal senada juga dikemukakan oleh Madzhab Hanafi. Tapi yang perlu menjadi catatan adalah kita tidak boleh mencampur adukan madzhab. Bila ini dilakukan maka yang terjadi adalah kerusakan ibadah.

Post a Comment for "Niat Puasa Sebulan Penuh "