Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Isim Jamid


Pertanyaan:

Assalamualaikum Tengku.. lon keneuk tanyong, kbn yg geumaksusd isem jamed, jnoe na ureung peugah, asai hana jeut tasref ka isem jamed, mohon penjelasan bak tengku..

(Assalamualaikum ust, saya ingin bertanya, bagaimana yang dimaksud dengan isim jamid, kebanyakan orang menjawab isim jamid adalah suatu kalimat yang tidak ada tashrif, mohon jawabannya ust)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam..

Terimakasih atas pertanyaannya..

Baiklah kami akan coba menjawab. Isim jamid adalah suatu kalimat yang tidak diambil dari fi'il, adakala ada tashrif atau tidak.

Jadi jika ada yang mengatakan isim jamid adalah isim yang tidak ada tashrif itu kurang tepat, karena mashdar dari fi'il tsulatsi mujarrad juga tergolong isim jamid, contohnya:

عِلْمًا dari susunan tashrif عَلِمَ يَعْلَمُ

Kemudian contoh lain yang tidak memiliki tashrif adalah: 

حجر، سقف، درهم

"Batu, loteng, dirham"

Referensi:

- Kitab Jami'ud Durus, halaman 182


فالاسم الجامد ما لا يكون مأخوذا من الفعل: كحجر وسقف، ودرهم. ومنه مصادر الافعال الثلاثية المجردة، غير الميمية، كعِلْمٍ وقِرَاءَةٍ

اما مصادر الثلاثى المزيد فيه، والرباعى مجردا ومزيدا فيه، فليست من الجوامد، لانها مبنية على الفعل الماضى منها. فهى مشتقة منه، وكذلك المصدر الميمى فهو مشتق بزيادة ميم فى اوله كما علمت فى مبحث المصدر فى الجزء الاول من هذا الكتاب

Post a Comment for "Pengertian Isim Jamid "